Cara Memperbaiki Harddisk yang Rusak

Selamat siang kawan blogger. Kali ini saya akan berbagi tips dan trik mengenai harddisk. Mungkin artikel ini sudah banyak yang tahu, karena saya seach di google dengan keyword “memperbaiki harddisk rusak” banyak sekali tutorial yang muncul. Hampir jutaan hasil. Tapi apa salahnya saya mencoba repost. Karena mungkin link dari google sudah banyak yang mati atau pun webnya sudah tidak aktif. Nah untuk kesempatan ini saya akan berbagi cara memperbaiki harddisk yang secara software dulu. Barangkali postingan memperbaiki harddisk rusak ini bisa bermanfaat.

Pertama lihat dulu kerusakan pada harddisk tersebut. Biasanya harddisk yang rusak masih bisa terdeteksi ketika di buat external harddisk pada laptop atau PC. Tapi ketika mau dibuka minta format. Ini merupakan kerusakan yang menurut saya paling ringan, karena kerusakan ini masih bisa diperbaiki secara software. Biasanya muncul pesan “drive is not accessible”.
Atau biasanya muncul pesan minta format, tapi ketika perintah format diikuti, windows malah tidak bisa format.
Ini biasanya dikarenakan, harddisk tersebut mengalami bad sector sehingga mengalami kerusakan pada saat pembacaan sector oleh windows. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan fitur dari windows sendiri, yaitu ”check disk”.
Untuk menggunakannya cukup masuk command prompt. Tekan CTRL+R dan ketin cmd. Klik enter.
Di dalam command prompt ketik “chkdsk /r /f”. Misalnya “chkdsk d: /r /f”. Tunggu prosesnya sampai selesai. Dan sekarang buka harddisk internal anda. Biasanya akan menjadi normal kembali dan dapat digunakan secara normal. Demikian tips dan trik bagaimana cara memperbaiki harddisk yang rusak.
Cara Memperbaiki Harddisk yang Rusak | ArDiaN | 4.5