Cara Mengedit Hasil Screenshot tanpa Photoshop

Screenshot biasanya kita pakai untuk membuat tulisan berupa tutorial atau cara-cara yang berfungsi sebagai penjelas. Untuk memudahkan pembaca memahami isi atau tujuan dari artikel kita. Biasanya Screenshot di ambil menggunakan PrtSc lalu di paste di Paint cara ini memang simple tapi hasil screenshotnya pun akan kelihatan biasa biasa saja. Saya akan memberikan cara untuk mengedit hasil screenshot kalian akan lebih enak di pandang dengan sedikit editing, berikut caranya

cara mengedit hasil screenshot tanpa photoshop

1. Buka window atau halaman yang ingin kalian buat menjadi screenshotnya. Sebagai contoh, saya akan mengambil screenshot dari postingan yang saya buat. Kemudian, tekan tombol PrtSc yang ada di keyboard komputer atau laptop kalian.

2. Buka Microsoft Excel

3. Paste ke Microsoft Excel atau tekan Ctrl+V,  maka screenshot yang kalian ambil akan muncul di Ms. Excel dengan ukuran penuh.

cara mudah membuat screenshoot
Screenshot paste ke Ms. Excel

Mengedit Hasil Screenshot

4. klik gambar screenshotnya sehingga muncul Picture Tools 

5. klik Format kemudian pilih Crop , ini berguna untuk memotong bagian yang penting saja. kalian bisa menggeser garis tebal yang saya lingkari ke atas, samping, dan bawah sehingga menjadi screenshot yang kalian inginkan.

Cara mudah membuat Screeshot tanpa photoshop
Screenshot Crop image menggunakan Ms. Excel

6. Selain crop kalian juga bisa menambahkan bermacam-macam effect. di kotak bar Picture Style klik Picture Effects maka akan keluar menu dropdown beberapa effect seperti Preset, Shadow, Refflection, Glow, Soft Edge, Bevel dan 3D. Kalian cukup klik effect mana yang kalian inginkan maka akan secara langsung diterapkan di screenshot.

cara mudah mengedit screenshot
Screenshot Picture Effectc Ms. Excel

7. Copy screenshot yang sudah kalian edit (Ctrl+C) lalu buka applikasi Paint dan buat lembaran baru. Paste Screenshot yang dari Ms. Excel ke Paint dan simpan.

Cara mudah membuat screenshot
Screenshot Paste di Paint

Mungkin cara ini lebih panjang tapi jika kalian terapkan setiap kalian membuat screenshot cara ini simple juga, dan hasilnya.

cara mudah membuat screenshot
Hasil akhir editing Screenshot menggunakan Ms. Excel

Bagaimana,  keren kan ?? selamat mencoba ya teman. Jika ada yang kurang jelas bisa di tanyakan di komentar.

Cara Mengedit Hasil Screenshot tanpa Photoshop | ArDiaN | 4.5