Cara Mudah Membuat Radio Online Gratis

Radio online memang sudah menyebar dimana-mana, di jaman yang serba online ini memang semua orang membutuhkan juga yang serba online seperti toko online, game online, tv online bahkan radio online. hadirnya radio online memang lebih efektif, dengan biaya pembuatan yang murah bahkan bisa dengan gratis. Bukan hanya itu kelebihan utama dari radio online adalah kita bisa mendengarkan radio yang tidak terbataskan jarak, bisa di dengarkan dari manapun, kapanpun jika kita terkoneksi dengan internet.

Tentu sebagian dari kalian berpikir membuat radio online itu sulit, biaya mahal dan lain lain. Tapi nyatanya tidak, membuat radio online tidak terlalu sulit yang kalian pikirkan karena memang untuk membuat radio online tidak harus memiliki keahlian khusus semua orang bisa membuatnya, disini saya akan memandu sedikit tentang cara mudah membuat radio online gratis yang saya ketahui.

Cara Mendapatkan VPS Gratis

Bahan untuk membuat radio online adalah sebuah Shell lebih aman lagi kalau kalian memiliki VPS, untuk membuat Radio online kalian harus memiliki VPS berbasis Linux. Untuk kalian yang belum mempunyai VPS silhkan kalian daftar di host1free yang menyediakan layanan VPS gratis yang akan kalian gunakan untuk membuat radio online.

1. Daftar di Host1free Free VPS
2. Isi First name dan Last name dengan nama anda, Contoh Dian Ardiansyah
3. Isi Hostname , Contoh Localhost
4. Isi VPS Template saya rekomendasikan kalian memiliki centos-5-x86
5. Isi email dengan email kalian dan captcha
6. Centang I aggre untuk TOS nya lalu klik Create Account

Biasanya, acount kalian akan di aktifkan selama kurang lebih 2 minggu atau bisa juga lebih cepat. Tergantung keberuntungan kalian 😛 , makanya sebelum request berdoalah dulu sholat tahajud jika perlu agar di mudahkan jalannya untuk mendapatkan VPS gratis.

Proses pembuatan Radio Online Gratis

Saya anggap kalian sudah memilik sebuah VPS yang siap kalian pakai untuk membuat sebuah radio online. Karena proses masih panjang saya sarankan kalian bisa ambil minum dulu, kalau udah mari kita lanjut ke proses berikutnya. Ada satu applikasi yang sangat penting untuk kalian dalam membuat Radio online ini yaitu Putty, berguna menjadi sebuah client yang akan terhubung ke SSH dari VPS kita lalu kemudian mengekusi perintah-perintah yang kita berikan ke dalam server. Tapi saya merekomendasikan kalian menggunakan Futty ini adalah Putty yang telah di modifikasi dan ditambah fitur-fitur baru di dalamnya.

1. Download Futty lalu buka
2. Isi Hostname dengan ip VPS kalian dan Port 22 lalu klik Open
3. Akan ada tampilan login, kalian akan di minta memasukkan user dan password. untuk User silahkan kalian tulis Rootm password isikan dengan password VPS kalian.
4. Adduser di root kalian dengan cara memasukan perintah di di Futty. Contoh saya membuat user “radio”

#adduser radio

#passwd radio

5.silahkan kalian login dengan user radio, proses login sma dengan dengan proses no 2 dan 3 bedanya cuma user dan password yang baru kalian setting untuk adduser.
6.kalian wget Source Shoutcast.

#wget http://forz.bshellz.net/data/scserv198Linuxtar.gz

7. extrak file scserv198Linuxtar.gz

#tar -zxvf scserv198Linuxtar.gz

Editing File config Radio

untuk proses kali ini kalian harus menggunakan software Winscp bisa langsung di download di Disini , Lalu buka WinsCP untuk proses login klik New , masukan Hostname dengan IP VPS kalian, port 22, username radio, dan password yang sudah kalian set di adduser lalu klik login.

Setelah kalian terhubun, kalian akan melihat list files seperti gamabr berikut

Cara mudah membuat radio online gratis

klik dua kali pada sc_serv.conf hingga keluar gambar seperti di bawah ini

Cara mudah membuat radio online gratis

Edit hanya pada bagian-bagian yang di bawah ini

Password=changeme ( ganti dengan password yang akan digunakan untuk siaran )
RelayPort=8000 ( Port untuk radio )
RelayServer=192.168.1.58 ( IP VPS kalian )
AdminPassword=adminpass (ganti dengan password untuk webpanel )

jika sudah, silahkan save.

8. Kembali ke Futty lalu jalankan radionya.

#./sc_serv

nah, radio kalian sudah idup dengan url yang bisa kalian gunakan yaitu http://ipvpskalian:port/listen.pls . Untuk siarannya kalian bisa menggunakan winamp atau sam broadcaster, caranya lain kali ya sobat. Kalau belum paham sama yang saya tulis di atas silahkan kalian tanyakan di komentar ya sobat.

Cara Mudah Membuat Radio Online Gratis | ArDiaN | 4.5